2011/03/29

JUDUL PENULISAN ILMIAHKU

by Radheya Anggun Feldhit wah, tidak disangka tugas PI udah saya jalani. Sekarang pun kuesioner sudah dibagikan. Penulisan Ilmiahku yang berjudul ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA STUDIO88 pun sudah mau menginjak BAB IV. penulisan ini berkisar pada kepuasan konsumen yang di ukur dengan empat dimensi kualitas jasa konsumen berdasarkan zithaml. Empat kualitas jasa tersebut adalah Reliability , resposiveness , confidence , empathy, dan tengible.
Kemarin aku bertemu dengan dosen pembimbingku yaitu bpk Priyo Purwanto.. Beliau mempertanyakan kenapa tarif bisa di masukan ke kualitas jasa empathy? beliau berpesan padaku bahwa aku harus menyiapkan alasan mengenai pertanyaan tersebut. Akhirnya setelah aku berfikir dan berfikir. kusimpulkan bahwa tarif termasuk ke dalam empathy karena pada usaha jasa, tarif yang di kenakan itu relative dan sulit di ukur. maka perusahaan jasa akan menetapkan sebuah nilai tarif yang di anggap terjangkau bagi pelanggan. Sikap mempertimbangkan inilah yang menjadi dasar pemikiran saya mengapa tarif dapat dimasukan pada kualitas jasa yang empathy. Semoga pemikiran saya ini dapat diterima oleh dosen penguji nantinya. AMIN! Yosh!! kembali semangat mencari responden sekarang :D


Skala Likert adalah suatu skala psikometrik yang umum digunakan dalam kuesioner, dan merupakan skala yang paling banyak digunakan dalam riset berupa survei. Nama skala ini diambil dari nama Rensis Likert, yang menerbitkan suatu laporan yang menjelaskan penggunaannya [1]. Sewaktu menanggapi pertanyaan dalam skala Likert, responden menentukan tingkat persetujuan mereka terhadap suatu pernyataan dengan memilih salah satu dari pilihan yang tersedia. Biasanya disediakan lima pilihan skala dengan format seperti:

1. Sangat tidak setuju
2. Tidak setuju
3. Netral
4. Setuju
5. Sangat setuju

Selain pilihan dengan lima skala seperti contoh di atas, kadang digunakan juga skala dengan tujuh atau sembilan tingkat. Suatu studi empiris menemukan bahwa beberapa karakteristik statistik hasil kuesioner dengan berbagai jumlah pilihan tersebut ternyata sangat mirip [2].

Skala Likert merupakan metode skala bipolar yang mengukur baik tanggapan positif ataupun negatif terhadap suatu pernyataan. Empat skala pilihan juga kadang digunakan untuk kuesioner skala Likert yang memaksa orang memilih salah satu kutub karena pilihan "netral" tak tersedia.
[sunting] Catatan kaki

1. ^ Likert, Rensis (1932), "A Technique for the Measurement of Attitudes", Archives of Psychology 140: 1–55
2. ^ Dawes, John (2008), "Do Data Characteristics Change According to the number of scale points used? An experiment using 5-point, 7-point and 10-point scales," International Journal of Market Research, 50 (1), 61-77.



Dalam teori probabilitas dan statistika, distribusi chi-kuadrat (bahasa Inggris: Chi-square distribution) atau distribusi χ² dengan k derajat kebebasan adalah distribusi jumlah kuadrat k peubah acak normal baku yang saling bebas. Distribusi ini seringkali digunakan dalam statistik inferensial, misalnya dalam pengujian hipotesis, atau dalam konstruksi selang kepercayaan. [2][3][4][5] Ketika dibandingkan dengan distribusi chi-kuadrat nonsentral, distribusi ini kadang disebut distribusi chi-kuadrat sentral.

Salah satu penggunaan distribusi ini adalah uji chi kuadrat untuk kepatutan (goodness of fit) suatu distribusi pengamatan dengan distribusi teoretis, kriteria klasifikasi analisis data yang saling bebas, serta estimasi selang kepercayaan untuk simpangan baku populasi berdistribusi normal dari simpangan baku sampel. Sejumlah pengujian statistika juga menggunakan distribusi ini, seperti Uji Friedman.

Distribusi chi-kuadrat merupakan kasus khusus distribusi gamma.
[sunting] Referensi

1. ^ M.A. Sanders. "Characteristic function of the central chi-square distribution". http://www.planetmathematics.com/CentralChiDistr.pdf. Diakses pada 6 Maret 2009.
2. ^ Templat:Abramowitz Stegun ref
3. ^ NIST (2006). Engineering Statistics Handbook - Chi-Square Distribution
4. ^ Jonhson, N.L. (1994). Continuous Univariate Distributions (Second Ed., Vol. 1, Chapter 18). John Willey and Sons. ISBN 0-471-58495-9.
5. ^ Mood, Alexander (1974). Introduction to the Theory of Statistics (Third Edition, p. 241-246). McGraw-Hill. ISBN 0-07-042864-6.

* Wilson, E.B. Hilferty, M.M. (1931) The distribution of chi-square. Proceedings of the National Academy of Sciences, Washington, 17, 684–688.

[sunting] Pranala luar

* Earliest Uses of Some of the Words of Mathematics: entry on Chi square has a brief history
* Course notes on Chi-Square Goodness of Fit Testing from Yale University Stats 101 class.
* Mathematica demonstration showing the chi-squared sampling distribution of various statistics, e.g. Σx², for a normal population
* Simple algorithm for approximating cdf and inverse cdf for the chi-square distribution with a pocket calculator

Kurva normal.png Artikel bertopik statistika ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/21/Chi-square_distributionPDF.png/325px-Chi-square_distributionPDF.png

No comments:

Post a Comment