2010/11/10

Memahami proses pengambilan keputusan konsumen.

Dalam memilihb sebuah produk. seorang konsumen secara sadar ataupun tidak akan mengikuti langkah langkah berikut dalam mengambil keputusan.

1.Pengenalan kebutuhan.

Seorang konsumen pada umumnya akan membeli sebuah produk karena kebutuhan dan atau membeli sebuah produk karena merasa produk itu akan dibutuhkannya. Dalam hal ini kita fokus pada kebutuha primer dan skunder, karena kebutuhan tersier memiliki lebih banyak motif untuk membeli sebuah produk.

2.Pencarian informasi.

Sebelum membeli sebuah produk. Konsumen yang baik biasanya akan mencari informasi tentang produk yang akan dibelinya. Baik dari segi harga, kualitas, maupun dimana si konsumen dapat membeli produk tersebut.

3.Evaluasi alternatif.

Setelah mengetahui tentang produk yang akan dibeli. Konsumen yang baik pasti akan mulai membandingkan produk yang di inginkan dengan barang subtitusi yang sejenis. Karena itu, pasti akan ditemukan selisih antara satu produk dengan lainnya yang sejenis dari segi harga, kualitas dan kuantitas yang akan berpengaruh besar bagi pengambilan keputusan konsumen untuk membeli sebuah produk.

4.Pembelian

Pada tahap ini konsumen telah memutuskan untuk membeli sebuah produk.

5.Hasil

setelah membeli produk. konsumen sewajarnya akan memanfaatkan produk yang dia beli. Setelah itu akan diketahui apakah produk itu memuaskan atau tidak memuaskan. hal inilah yang nantinya akan mempengaruhi si konsumen untuk membeli kembali sebuah produk, ataupun berhenti menggunakan produk tersebut.



Semoga informasi ini bermanfaat :D

No comments:

Post a Comment